Friday, May 22, 2009

Bulan Keempat

Bulan keempat ini adalah trimester kedua. Banyak informasi yang saya dapat dari temen-temen dan artikel yang berkata bahwa pada trimester kedua ini, rasa mual, muntah dan pusing sudah agak mendingan. Pada bulan keempat ini saya mulai menambah makanan saya dari yang dulunya kalau pagi saya tidak pernah sarapan, sekarang hampir tiap pagi saya bekerja membawa bekal 1 tangkap roti tawar dengan isi selai strawberry, nanas atau coklat. Lumayan buat menganjal perut.

Pada bulan keempat ini bobot saya sudah bertambah total 5 kg dari berat badan awal yg 51 kg menjadi 56 kg.

Selera ML agak mulai menurun, tidak tau kenapa tapi sepertinya hilang napsu. Dan bulan2 ini, seperti pada ibu hamil umumnya, saya mengidam sesuatu, tapi ngidam yang masih wajarlah. Saya masih ingat betul saya mengidam makan bakso.

Saya dan teman-teman kantor memiliki 1 tempat bakso langganan letaknya di jalan bintang diponggo (belakangnya ruko darmo park II), hmm, pernah saya 3 hari berturut-turut makan bakso disitu dan juga tiap kali makan saya selalu nambah porsi. :D

Sampai-sampai suami saya mengingatkan jangan terlalu banyak makan bakso yang kemungkinan banyak tambahan msg. Msg kan tidak bagus bagi perkembangan bayi.

Nah, pada bulan ini saya merasakan perut bawah saya kedutan. Saya pikir bayi saya mulai bergerak-gerak. Saya tanya ke dokter saya, dia bilang memang janin pada umur seginian sudah mulai bergerak-gerak dan berenang-renang karena "kolam renang"nya masih besar n masih muat. :D

terus, saya mulai mengajak ngobrol bayi saya sambil saya elus-elus dan juga saya dengarkan dia musik, terutama musik klasik.

Pada saat di USG, janin sudah mulai terlihat jelas bentuknya dan dokter juga mendengarkan detak jantung janin saya. Pertama kali saya mendengar detak jantungnya, saya sangat sentimentil gitu.... pengen nangis terharu... n bunyi detak jantungnya sangat cepat sekali seperti bunyi derap langkah kuda lari. Kata dokter memang detak janin bayi bergerak lebih kencang dari orang dewasa.

Dan, so far, perkembangan janin saya sangat baik.

Oh, Thanks God.

No comments:

Post a Comment